Uncategorized

3 Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa

Contoh Surat Penawaran – Salah satu aspek utama dalam dunia perdagangan adalah adanya surat penawaran, mengapa penting ? dalam hal perdagangan segala penawaran suatu barang, kerjasama, harga mapun jasa lebih baik menggunakan surat penawaran, demi tercapainya kesuksesan dalam kerja sama dan kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

Apa itu surat penawaran, mengapa menjadi aspek yang sangat penting didunia perdagangan (bisnis), bagaimana cara membuat surat penawaran dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat surat penawaran, dibawah ini akan dibahas lengkap beserta dengan contoh surat penawaran baik itu contoh surat penawaran barang, kerjasama dan jasa, referensi lainnya ada contoh surat lamaran kerja berbagai posisi dan contoh surat kuasa.
Contoh Surat Penawaran

Apa itu Surat Penawaran

Surat penawaran adalah surat yang dibuat dan ditulis dengan tujuan untuk menawarkan barang, kerjasama, harga atau jasa tertentu kesebuah perusahaan atau calon konsumen untuk terjalinnya suatu kerjasama bisnis dikedua belah pihak.
Biasanya Surat penawaran dibuat karena adanya surat permintaan baik itu surat permintaan produk / barang, surat permintaan kerjasama, dan surat permintaan harga atau jasa dari calon konsumen kepada distributor. Lalu distributor membuat surat penawaran kepada calon konsumen dan terjadilah kerjasama antar kedua belah pihak.
Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa

Persiapan dan Kelengkapan Surat Penawaran

Ketika membuat surat penawaran, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, sehingga kamu tidak akan melewatkan hal penting ini saat membuat surat penawaran, berikut hal penting tersebut :

1. Nama Perusahaan Penawar

Yang pertama adalah nama perusahaan penawar, nama perusahaan ditulis dengan profil singkat, sehingga akan memberikan penjelasan kepada calon konsumen dalam mengetahui jenis perusahaan yang kamu miliki.

2. Jumlah Kebutuhan

Kedua adalah menulis jumlah kebutuhan (Stok barang), jangan sampai lupa mencantumkan berapa jumlah barang atau stok barang yang sanggup kamu sediakan. Dengan adanya informasi seputar jumlah barang tersebut akan memudahkan calon konsumen dalam mengetahui seberapa besar kesediaan distributor dalam melayani kebutuhan calon konsumen dipasar yang ada.

3. Merk Produk

Ketiga adalah merk produk, hal yang tidak boleh dilewatkan juga, sehingga calon konsumen akan memberikan perhatian yang lebih kepada produk kamu jika merk produk kamu unik dan spesifik. Merk produk juga menjadi cara untuk promosi kepada pihak lain terkait produk yang ditawarkan.

4. Harga Produk

Yang keempat adalah harga produk, dalam membuat surat penawaran yang paling penting dan perlu untuk diperhatikan adalah mengenai harga produk, harga produk yang terlalu mahal akan membuat calon konsumen kita pergi, tetapi harga produk yang terlalu murah juga akan membuat calon konsumen kita bertanya-tanya mengenai kualitas produknya.
Maka dari itu sangat penting untuk riset mengenai harga produk sesuai dengan kualitasnya, banyak calon konsumen yang juga tertarik produk karena kualitasnya bukan hanya sekedar murah saja. Tetapi memberikan harga khusus kepada calon konsumen jika membeli dalam jumlah banyak juga bisa diterapkan sebagai bagian dari strategi marketing.

5. Syarat dan ketentuan dalam Pembayaran Produk

Kelima adalah syarat dalam pembayaran produk, ada beberapa strategi dan ketentuan yang harus diperhatikan mengenai syarat pembayaran produk, terlebih ketika calon konsumen membeli produk dalam jumlah yang banyak biasanya tidak bisa langsung membayar tunai, atau mungkin DP dulu 25% dari total harga produk.
Nah dengan adanya syarat dan ketentuan pembayaran produk seperti DP, bayar di tempat (COD), bayar rekber, dan lainnya akan membuat kedua belah pihak merasa lebih aman dan tidak ada konflik dikemudian hari.

6. Cara Pengiriman Produk

Keenam adalah cara pengiriman produk, selain memberikan ketentuan pembayaran produk, yang tidak kalah penting dicantumkan juga adalah cara pengiriman produk, apalagi jika calon konsumen membeli dalam jumlah yang banyak tiap bulan atau tiap minggu pasti ada masalah dipengiriman barang (produk), apakah calon konsumen mengambil sendiri produkya atau pihak distributor yang mengirim produknya.

7. Sifat Penawaran 

Yang ketujuh adalah sifat penawaran, ada tiga jenis dari surat penawaran yang perlu di perhatikan juga yaitu :
1. Pertama, surat penawaran bersifat terikat, yaitu penawaran antara distributor dengan calon konsumen jika ada perubahan baik berupa jumlah produk yang di kirimkan maupun jika ada perubahan harga bahkan hingga ada perubahan cara pengiriman barang.
2. Kedua, surat penawaran bersifat tidak terikat (bebas), yaitu penawaran yang terjadi antara distributor maupun calon konsumen, dimana jika ada perubahan jumlah produk maupun maupun perubahan harga pihak distributor tidak harus memberitahukan kepada calon konsumen, dalam artian calon konsumen tidak punya hak untuk menuntut harga produk harus murah atau sesuai harga dari awal kesepakatan.
3. Ketiga, penawaran berjangka waktu, yaitu penawaran kerjasama yang hanya terjadi dalam jangka waktu tertentu. Hal ini kebanyakan digunakan saat terjadi dalam penawaran berupa jasa, bisa jangka waktunya satu bulan, dua bulan, satu tahun, hingga 5 tahun.

8. Mutu Produk

Yang kedelapan adalah mutu produk, Kualitas dan mutu produk juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan memberikan mutu kualitas dari produk yang kamu tawarkan akan memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh calon konsumen.

9. Administrasi Pendukung

Yang kesembilan adalah administrasi pendukung, tidak hanya surat penawaran yang diajukan kepada pihak calon konsumen. Dengan adanya administrasi pendukung dibawah ini, maka pihak calon konsumen akan semakin yakin dan tentunya tertarik serta meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada distributor.
Diantara administrasi pendukung tersebut diantaranya :
1. Katalog Produk atau Barang
2. Daftar rekam jejak (TDR)
3. Surat izin perdagangan (SIUP)
4. Nomor pokok wajib pajak (NPWP)
Sehingga dengan adanya administrasi pendukung tersebut, akan membuat calon konsumen menjadi semakin yakin dengan penawaran yang kamu buat, dan semakin yakin dengan kerjasama tersebut.

Cara Membuat Surat Penawaran yang Baik dan Benar

Dalam menulis dan membuat surat penawaran harus memperhatikan kaidah penulisan surat yang baik dan benar, struktur penulisan harus jelas dan terencana, sehingga calon konsumen tidak akan bingung saat membaca surat penawaran yang dibuat oleh distributor tersebut.
Berikut struktur penulisan surat penawaran yang baik dan benar :

1. Kop Surat

Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa
Kop surat adalah bagian wajib yang harus ada didalam surat penawaran, yang menjelaskan mengenai profil perusahaan kita, baik itu nama perusahaan, logo perusahaan, alamat lengkap perusahaan hingga email dan kontak perusahaan. Berikut bagian kop surat yang harus ada :
1. Nama perusahaan
2. Alamat Lengkap
3. Email dan Kontak

2. Kepala Surat

Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa
Bagian kepala surat juga merupakan bagian yang penting, karena menginformasikan mengenai perihal dibuatnya surat penawaran tersebut, dan tujuan mengapa surat penawaran diberikan kepada perusahaan terkait atau perorangan terkait. Berikut bagian kepala surat yang harus ada :
1. Tanggal Surat
2. Nomor surat
3. Lampiran
4. Perihal
5. Tujuan surat

3. Pembuka Surat

Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa
Pada pembuka surat di surat penawaran merupakan paragraf pembukan yang berisikan penjelsanan singkat baik berupa pemberitahuan maupun balasan dari surat permintaan sebelumnya terkait dengan produk penawaran.
Dapat juga diawali terkait dengan penjelasan singkat terkait perusahaan atau distributor yang bergerak pada bidang-bidang tertentu yang dibutuhkan oleh calon konsumen

4. Isi Surat

Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa
Dalam isi surat penawaran, harus ada penjelasan mengenai produk atau barang yang ditawarkan kepada konsumen, dengan tujuan agar konsumen semakin tertarik dan semakin percaya dengan produk yang kita tawarkan, baik itu dari segi kualitas, kuantitas maupun nilai produk yang ditawarkan.
Dalam isi surat penawaran ini harus menjelaskan mengenai produk atau barang yang ditawarkan, dan harus lengkap beserta rinciannya, berikut hal yang harus ada di isi surat :
1. Merk dan warna produk
2. Jenis barang atau jasa yang ditawarkan
3. Harga produk atau harga jasa lengkap dengan rinciannya
4. Pembayaran produk atau jasa 
5. Pengiriman produk 
Dengan isi surat yang rinci dan jelas, maka dapat dipastikan calon konsumen akan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan bahkan tanpa nego harga.

5. Penutup Surat

Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa
Penutup surat dalam surat penawaran juga jangan sampai dilupakan, yang berisi harapan dan himbauan kepada calon konsumen agar segera menginformasikan kapan jalinan hubungan kerja dijalankan, sehingga tidak ada yang dirugikan mengenai waktu lamanya menunggu kapan selesai penawaran produk atau jasa.

Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa
PT Warna Biru
Jl. Adi Sucipto No. 20
Surakarta
15 Juni 2021
Nomer : 15/06/X/2021
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG
Kepada
Manager PT Warna Merah
Jl. Slamet Riyadi No. 23
Surakarta
Dengan hormat,
Berdasarkan hasil tinjauan dari perusahaan kami, bahwa perusahaan PT. Warna Merah sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun kedepan. Maka dengan itu untuk menunjang perkembangan dari perusahaan PT. Warna merah diperlukan peralatan kantor yang mumpuni agar kegiatan kantor lebih baik dan efisien.
Dalam kesempatan ini, maka perusahaan PT. Warna biru bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi salah satu produk unggulan dan produk yang paling laku dipasaran dan menjadi unggulan di perusahaan PT. Warna Biru. Bersamaan ini PT. Warna Biru melampirkan 3 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan PT Warna Merah. Kami selaku bagian dari PT. Warna Biru meyakini jika PT. Warna Merah memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami (PT. Warna Biru), maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja terutama jika harus lembur kantor.
PT. Warna Biru juga ingin menawarkan promo spesial untuk perusahaan PT. Warna Merah yaitu berupa pemberian diskon sebesar 15 % jika perusahaan PT. Warna Merah membeli produk ini sebelum tanggal 20 Juni 2021. Apakah ada garansi ? tentu, garansi dari produk kami adalah 1 tahun dari setiap pembelian produknya. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan membayar uang muka atau DP sebesar 30 % dari harga total dan cicilannya juga bisa dicicil sebanyak 5 kali setelah barang atau produk tersebut sampai di perusahaan PT. Warna Merah.
Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT Warna Biru
 
Dedi Nugroho
Manager

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Contoh Surat Penawaran Barang, Kerjasama, dan Jasa
PT. Warna Ungu
Jl. Adi Sucipto No, 28
No. Telp 0271 272 172 171
Surakarta, 20 Juni 2021
Hal : Penawaran Kerjasama
Lampiran : Katalog
Kepada Yth,
Bpk. Nugroho Adi
Pimpinan PT. Warna Hijau
Jl. Slamet Riyadi No. 97
Surakarta
Dengan hormat,
Kami dari PT. Warna Ungu bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan PT. Warna Hijau untuk menjadi distributor produk kami dari PT Warna Ungu yang berupa :
1. Perlengkapan Dapur Lengkap
2. Interior Dekorasi Dapur
Kami dari perusahaan PT. Warna Ungu akan memberikan diskon lebih dari 10% kepada PT. Warna Hijau jika bersedia menjadi distributor resmi (konsumen jangka panjang) untuk produk dari perusahaan kami PT. Warna Ungu.
Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila PT. Warna Hijau tertarik dan lebih percaya dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.
Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami,
PT. Warna Ungu
Dedi Nugroho
Manager Pemasaran

Contoh Surat Penawaran Jasa


Contoh Surat Penawaran


PT WARNA HITAM
Siap melayani kebutuhan kebersihan anda dengan pelayanan yang terbaik
Jl. Adi Sucipto No. 90
No Telp : 0271 272 162 21
Surakarta, 01 Januari 2021
Nomer : 01/S.Penawaran/V/2021
Lampiran : 1 (Satu) rangkap
Hal : Penawaran Jasa Kebersihan Rumah dan Kantor
Kepada,
Manager Pengadaan PT Warna Kuning
Jl. Slamet Riyadi No. 17
Surakarta
Dengan hormat,
Dengan adanya surat penawaran jasa ini, izinkanlah kami memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami merupakan PT Warna Hitam yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa kebersihan atau biasa dikenal dengan cleaning service. Perusahaan kami (PT. Warna Hitam) telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama dan terkenal se soloraya, dan mendapatkan banyak penghargaan sebagai penyedia jasa kebersihan terbaik se soloraya.
Sehubungan dengan adanya informasi yang kami peroleh, bahwa PT Warna Kuning sedang membutuhkan pegawai untuk pekerjaan kebersihan kantor atau bagian cleaning service. Sehubungan dengan adanya informasi tersebut, maka izinkan kami untuk menawarkan jasa kebersihan atau cleaning service yang kami miliki. Di sini kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga kebersihan perusahaan yang bekerjasama dengan kami. Berbagai pengalaman yang telah kami miliki kami sertakan sebagai pertimbangan bersama dengan surat ini.
Demikian Surat Penawaran ini. Kami berharap agar surat penawaran ini dapat menjadi salah satu langkah kerjasama kami dengan PT Warna Kuning sebagaimana kami bekerja sama dengan perusahaan lain di soloraya. Apabila diperkenankan, kami siap untuk memberikan presentasi lanjutan sesuai hari, tanggal dan bulan yang disepakati. Sekian surat penawaran kami. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.
Hormat Kami,
PT. Warna Hitam
Dedi Nugroho
Marketing Manager

Kesimpulan

Demikian merupakan contoh surat penawaran lengkap dengan cara penulisannya. Setelah menyerahkan surat penawaran, lantas apa yang harus dilakukan agar penawaran yang kita ajukan dapat diterima dengan baik oleh calon konsumen ? . Beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain :
1. Melakukan follow-up terhadap calon konsumen yang akan menunjukkan bahwa kita serius dalam menjalin kerjasama.
2. Bertanya kepada calon konsumen apakah ada data yang diperlukan untuk menambah referensi atau dokumen pendukung lainnya agar kerjasama produk ini dapat terjalin dengan baik.
3. Menjalin komunikasi yang baik dan berkelanjutan antara pemberi tawaran dan yang ditawarkan (calon konsumen) agar dapat terjalin kerjasama sesuai dengan yang diharapkan.
Beberapa saran diatas semoga dapat membantu kamu dalam menjalin kerjasama yang baik dengan calon konsumen agar selanjutnya dapat membuat anda dan konsumen bisa menjalin kerjasama yang baik dan berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *