Uncategorized

Cara Membuat Email Akun Yahoo di Komputer

Cara Membuat Email Akun Yahoo – Email dapat memberikan kita kemudahan dalam hal komunikasi seperti mengirimkan pesan yang tidak terbatas jarak dan waktu, dengan menggunakan email akun yahoo kita tidak hanya dapat mengirimkan teks saja, tetapi juga dapat mengirim foto, video atau lampiran file lainnya seperti pdf, jpeg, dan lainnya.


Sebelum membahas cara membuat email akun yahoo, sebaiknya diketahui terlebih dahulu pengertian dari email yahoo yang disebut dengan yahoo mail.

Apa itu Yahoo Mail ?

Email akun yahoo atau biasa juga dikenal dengan Yahoo Mail adalah layanan email dari yahoo yang digunaan untuk berkirim pesan secara online menggunakan internet.
Setelah mengetahui pengertian yahoo mail, Lalu bagaimana sih cara membuat email dengan menggunakan akun yahoo ?

Cara Membuat Email Akun Yahoo

Cara Membuat Email Akun Yahoo di Komputer atau Laptop


1. Masuk ke alamat mail.yahoo.com 

Cara Membuat Email Akun Yahoo

Masukkan alamat mal.yahoo.com dan akan masuk ke halaman seperti diatas, lalu pilih “Create An Account” atau dalam bahasa indonesia “Buat Akun“, kecuali sudah memiliki akun yahoo ya tinggal memasukkan username atau nomor telepon dan klik “Next

2. Isi data dengan benar

Cara Membuat Email Akun Yahoo

Halaman diatas adalah halaman untuk mendaftar email baru yahoo, ada beberapa kolom yang perlu diisi.

a. First Name (Nama Depan): Isi dengan nama depan saja 

b. Last Name (Nama Belakang) : Isi dengan nama belakang saja

c. Email Address (Alamat email) : Isi dengan alamat email yang kamu ingin kan, jika ada peringatan warna merah , itu karena alamat email tersebut sudah ada yang memakai ,maka tulis ulang hingga mendapatkan alamat email yang masih bisa digunakan.

d. Password : Isi dengan password, tidak boleh ada kata nama diantara password.

e. Nomor Telepon : Isi dengan nomor telepon yang masih aktif, karena akan digunakan untuk verifikasi melalui sms.

f. Birth Month (Bulan kelahiran) : Isi dengan bulan kelahiran

g. Day (Hari kelahiran) : Isi dengan hari kelahiran

h. Year (Tahun kelahiran) : Isi dengan tahun kelahiran

i. Gender (Jenis kelamin) : Jenis kelamin boleh diisi boleh tidak (optional atau pilihan).

3. Isi password “jangan ada yang mengandung nama”


Cara Membuat Email Akun Yahoo

Seperti pada gambar diatas dan ada peringatan “Your Password Cannot Include Your Name” artinya bahwa untuk pengisian password akan gagal jika mengandung nama, contoh jika nama yang saya tulis diatas adalah dedi, maka jika password nya dedipass itu tidak akan bisa, tetapi jika password tidak ada nama dedi maka akan langsung bisa.

mungkin itu salah satu bentuk keamanan dari pihak yahoo dalam memberikan keamanan terkait password email pemilik

4. Verifikasi kode melalui nomor telepon

Cara Membuat Email Akun Yahoo

Halaman ini adalah untuk mengisi nomor telepon yang masih aktif, dan akan dikirimkan kode verifikasi melalui sms.

5. Isi kode yang dikirim melalui sms

Cara Membuat Email Akun Yahoo


Nah, dihalaman ini kamu akan menerima sms berupa kode verifikasi yang berisi 5 angka, kamu akan menerima sms dari nomor telepon yang kamu isi di halaman sebelumnya, segera isi dan klik “Verify” untuk melanjutkan verifikasi, dan ini adalah langkah terakhir untuk mendaftarkan akun yahoo.
Baca juga: 

Mengapa perlu email, apa sih kegunaannya ?

Ada banyak hal yang membuat kita sangat memerlukan email, baik itu menggunakan yahoo mail atau google mail.
1. Digunakan untuk sarana berkirim surat melalui internet, yakni bisa dengan melampirkan dokumen dalam bentuk file, gambar, video maupun audio, bukan hanya teks saja.

2. Digunakan untuk sarana komunikasi, dahulu digunakan untuk komunikasi layaknya sms atau chat whatsapp (seperti sekarang).

3. Digunakan untuk mengirim surat sekaligus kebeberapa tujuan dalam waktu cepat dengan biaya murah, biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan.

4. Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik, contohnya berlangganan berita.

5. Digunakan untuk mendaftarkan akun media sosial seperti twitter, instagram, path, line, facebook, dan lainnya.

6. Digunakan untuk mendaftarkan user berbagai pelayanan publik secara online seperti : BPJS, simponi.kemenkeu.go.id djp.pajak.go.id

7. Digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar domain desa.id, dan domain lainnya.

Kelebihan Yahoo Mail dibanding Google Main

1. Kamu tak hanya bisa menggunakan Yahoo Mail untuk menerima dan mengirimkan email (berkirim pesan saja), akan tetapi juga bisa mendapatkan informasi berita atau info terbaru lain tanpa harus keluar dari halaman Yahoo Mail.
2, Berbeda dengan layanan email dari google yang mengharuskan kita untuk keluar dahulu dari Gmail untuk mendapat info lain.
3. Kamu bisa mengunduh (mendownload) berbagai jenis file yang dilampirkan (attachment) secara sekaligus, dan keseluruhannya bisa langsung jadi file yang sudah terkompresi (dalam bentuk satu file).
4. Saat kamu mengirimkan email dari Yahoo Mail, kamu bisa melampirkan data (file) hingga sebesar 25 MB, walaupun itu sangat jarang terjadi jika menggunakan email untuk profesional pekerjaan.
5. Jika tiba-tiba komputer kamu mati saat sedang menulis email, maka secara otomatis email yang telah kamu tulis bisa disimpan oleh fitur Draft, dan kamu bisa melanjutkan kembali penulisan emailnya ketika komputer sudah hidup kembali (sangat bermanfaat).
Walaupun email yahoo sudah tidak sepopuler dahulu, atau lebih tepatnya kalah saing dan kalah populer dengan gmail, tetapi masih banyak juga yang menggunakan email dari layanan yahoo, dan kamu juga dapat memiliki akun yahoo untuk berbagai kepentingan diluar dari kepentingan saat menggunakan email dari layanan google (gmail).
Demikian tutorial atau panduan cara membuat email baru dari yahoo menggunakan komputer atau laptop, yang mana saat mendaftar email yahoo menggunakan android akan sama saja, semoga bermanfaat.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!