Uncategorized

Makalah Tentang Covid19 atau Virus Corona, Gejala dan Pencegahannya

Makalah Covid19 atau Virus Corona, Gejala dan Pencegahannya ini saya tulis untuk membantu dan menambah wawasan seputar Covid19 atau Virus Corona, Gejala dan Pencegahannya, serta menambah referensi seputar covid19 dalam pembuatan makalah.
Makalah Tentang Covid19 atau Virus Corona, Gejala dan Pencegahannya

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul Makalah Gejala dan Pencegahan Covid19 ini tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas bapak guru pada mata pelajaran bahasa indonesia. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang covid19 bagi para pembaca dan juga bagi penulis.
Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak guru, selaku guru mata pelajaran bahasa indonesia yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.
Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.
Dirumah, 27 April 2020
Penulis
Dedi Nugroho

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  ……………..
DAFTAR ISI ……………………..
PENDAHULUAN ………………..
Latar Belakang …………………..
Rumusan Masalah ………………
Tujuan ………………………………….
PEMBAHASAN ………………
  1. Pengertian Covid19 …………….
  2. Bagaimana Melakukan Pencegahan Covid19 atau Bagaimana Pengobatannya ……………….
  3. Apa Gejala Infeksi Covid19 atau Virus Corona ……………………
  4. Apa Yang Dimaksud Dengan Pandemi ……………….
  5. Apakah Covid19 Sama Dengan SARS …………
  6. Apakah Mandi Air Panas Dapat Mencegah Covid19 ……………..

PENUTUP ……………………….
DAFTAR PUSTAKA ……………….

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Tahun 2019 akhir kemarin adalah saat awal-awal munculnya wabah virus corona jenis baru atau dikenal dengan covid19 yang mulai muncul di wuhan, china. Seiring telah berlalu 4 bulan kemudian virus ini telah menyebar hingga ke penjuru dunia, bahkan virus ini dilabeli oleh WHO dengan sebutan Pandemi, yaitu virus yang mengglobal dan membahayakan jiwa manusia.
Dalam masa-masa yang sulit sekarang ini, ingatlah setiap kita memiliki peran penting. Bersama-sama kita bisa melindungi diri dan melindungi sesama dan selamat dari wabah COVID-19. Kita bisa atasi wabah lebih cepat dengan aksi yang tepat.

Rumusan Masalah

Dapat disimpulkan rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah :

  1. Apa pengertian covid19 atau virus corona ?
  2. Bagaimana melakukan pencegahan covid19 atau virus corona ?
  3. Apa saja gejala infeksi covid19 atau virus corona ?
  4. Apa yang dimaksud dengan pandemi ?
  5. Apakah covid19 sama dengan SARS ?
  6. Apakah mandi air panas dapat mencegah virus corona atau covid19 ?

Tujuan 

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menambah wawasan dan informasi seputar covid19 yang sekarang lagi menyebar ke penjuru dunia.

PEMBAHASAN

1. Pengertian Covid19

Virus corona baru atau novel coronavirus (nCoV) adalah jenis virus corona baru yang menimbulkan penyakit yang bernama COVID-19. Sebelum dikenal sebagai COVID-19, penyakitnya dikenal sebagai virus corona baru 2019 atau 2019-nCoV.
Virus corona baru adalah virus baru, tapi mirip dengan keluarga virus yang menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan sejumlah influensa biasa.

2. Bagaimana Melakukan Pencegahan Covid19 atau Bagaimana Pengobatannya

Saat ini belum ada pengobatan khusus yang efektif untuk infeksi virus corona baru. Vaksin mungkin baru bisa tersedia 18 bulan ke depan (2021). Sementara ini, cara terbaik adalah melakukan tindakan pencegahan, yaitu:

  • Sering suci tangan pakai sabun dan air mengalir
  • Hindari menyentuh muka
  • Jauhi orang yang menunjukkan gejala (demam, batuk kering, kelelahan)
  • Bila Anda mengalami demam, rasa lelah dan batuk kering, segera cari pengobatan
  • Anda dapat menguatkan sistem kekebalan diri dengan melakukan perilaku sehat, seperti olah raga teratur, makan makanan bergizi seimbang, tidak merokok dan memastikan Anda dan anak Anda mendapat imunisasi lengkap.

3. Apa Gejala Infeksi Covid19 atau Virus Corona

Bila seseorang terinfeksi virus, dia akan menunjukkan gejala dalam 1-14 hari sejak terpapar virus. Gejala umumnya adalah

  • demam
  • rasa lelah
  • batuk kering

Sebagian besar orang hanya akan mengalami gejala ringan, namun di kasus-kasus yang tertentu, infeksi dapat menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas. Pada sebagian kecil kasus, infeksi virus corona bisa berakibat fatal. Orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes kemungkinan mengalami sakit lebih serius.
Karena gejala-gejalanya mirip flu biasa, maka perlu dilakukan tes untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi virus corona. Tes tersedia di rumah sakit-rumah sakit rujukan bagi orang yang mengalami gejala-gejala atas dasar perintah dokter.
Kunci pencegahan virus corona (COVID-19): Sering suci tangan pakai sabun dan air mengalir, hindari menyentuh muka, jauhi orang yang menunjukkan gejala (demam, batuk kering, kelelahan), bila batuk atau bersin: tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu yang dibuang langsung ke tempat sampah tertutup setelah dipakai.

4. Apa Yang Dimaksud Dengan Pandemi ?

WHO (World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia) secara resmi mendeklarasikan virus corona (COVID-19) sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020. Artinya, virus corona telah menyebar secara luas di dunia. Istilah pandemi terkesan menakutkan tapi sebenarnya itu tidak ada kaitannya dengan keganasan penyakit tapi lebih pada penyebarannya yang meluas. Ingat, pada umumnya virus corona menyebabkan gejala yang ringan atau sedang, seperti demam dan batuk, dan kebanyakan bisa sembuh dalam beberapa minggu. Tapi bagi sebagian orang yang berisiko tinggi (kelompok lanjut usia dan orang dengan masalah kesehatan menahun, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau diabetes), virus corona dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Kebanyakan korban berasal dari kelompok berisiko itu. Karena itulah penting bagi kita semua untuk memahami cara mengurangi risiko, mengikuti perkembangan informasi dan tahu apa yang dilakukan bila mengalami gejala. Dengan demikian kita bisa melindungi diri dan orang lain.

5. Apakah Covid19 Sama Dengan SARS ?

Tidak. Virus penyebab COVID-19 dan virus penyebab wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang muncul di tahun 2003 memang memiliki hubungan genetik, tetapi penyakit yang ditimbulkannya berbeda. SARS lebih mematikan, tetapi penularannya lebih rendah dibandingkan COVID-19. Tidak ada wabah SARS di mana pun sejak tahun 2003.

6. Apakah Mandi dengan Air Panas Bisa Mencegah Virus Corona (Covid19) ?

Tidak. Virus penyebab COVID-19 dan virus penyebab wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang muncul di tahun 2003 memang memiliki hubungan genetik, tetapi penyakit yang ditimbulkannya berbeda. SARS lebih mematikan, tetapi penularannya lebih rendah dibandingkan COVID-19. Tidak ada wabah SARS di mana pun sejak tahun 2003.

PENUTUP

Berdasarkan dari pembahasan dari rumusan masalah diatas dapat disimpulkan bahwa covid19 adalah jenis virus corona baru yang menimbulkan penyakit yang bernama COVID-19. Sebelum dikenal sebagai COVID-19, penyakitnya dikenal sebagai virus corona baru 2019 atau 2019-nCoV.
Maka dari itu kita dihimbau untuk berhati-hati dan melakukan pencegahan seperti yang sudah dijelaskan diatas, dan bagi yang merasakan adanya gejala covid19 diharapkan untuk segera menghubungi dokter atau rumah sakit rujukan terdekat.

DAFTAR PUSTAKA

Diambil dari internet dengan alamat situs resmi covid19 indonesia : https://www.covid19.go.id/
Tags

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!