Uncategorized

Apa Itu Sistem Informasi Manajemen, Fungsi dan Contohnya ?



Apa itu Sistem Informasi Manajemen ? , Sistem Informasi Manajemen adalah sistem perencanaan yang merupakan bagian dari pengendalian internal bisnis perusahaan yang meliputi pemanfaatan manusia (SDM), dokumen, teknologi dan prosedur untuk memecahkan permasalahan dalam bisnis seperti biaya produk atau layanan serta strategi bisnis.


Lalu apa bedanya Sistem Informasi Manajemen dengan Sistem Informasi ? Bedanya Sistem Informasi Manajemen  dengan Sistem Informasi biasa adalah terletak salah satunya pada fungsinya, apa fungsinya ?


Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk menganalisis Sistem Informasi lain yang digunakan pada operasional bisnis atau organisasi, nah Sistem Informasi Manajemen ini nantinya akan dikelompokkan menjadi Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Sistem Pakar dan Sistem Informasi Eksekutif.


Apa Itu Sistem Informasi Manajemen, Fungsi dan Contohnya ?



Sumber yang saya ambil dari wikipedia dibawah ini mengenai pengertian Sistem menurut para ahli :


L. James Havery, Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.


Ludwig Von Bartalanfy, Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi di antara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.


O’brien, Sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.


Bodnar dan Hopwood, buku Accounting Information System: Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.


Turban, McLean, dan Waterbe, buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages: Sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.



Azhar Susanto, Sistem adalah kumpulan/group dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekeaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.


Lalu apa pengertian Sistem Informasi Manajemen dari ahli ?


Menurut Maeve Cummings, Penulis dari buku  of Management Information Systems for the Information Age dan Professor of Accounting & Computer Information Systems di Universitas Pittsburg State, Sistem Informasi Manajemen adalah :


“Ilmu dibidang komputer dan komputasi dalam lingkungan bisnis dan organisasi bisnis. Ilmu komputer berfokus pada mesin sementara sistem informasi, atau sistem informasi manajemen, berfokus pada bagaimana TI dapat mendukung strategi dan operasi organisasi bisnis”


Apa Fungsi Sistem Informasi Manajemen ?

1. Membantu memecahkan permasalahan


2. Membantu dalam pengambilan keputusan


3. Membantu dalam analisa kinerja bisnis


4. Membantu koordinasi diantara departemen


Contoh Sistem Informasi Manajemen ?

1. ERP (Enterprise Resource Planning)

ERP atau yang lebih dikenal sebagai Perencanaan sumber daya perusahaan adalah sebuah sistem terintegrasi untuk memudahkan dalam pengelolaan bisnis secara luas, baik dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia serta akuntansi.


2. DSS (Decision Support System)

DSS adalah Sistem pendukung keputusan berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan database (basisdata) khusus yang bertujuan untuk membantu pihak manajerial dalam mengambil keputusan atau menentukan keputusan tertentu dalam lingkungan bisnis.


3. IMS (Informatic Management System)

IMS atau Sistem informasi manajemen dimanfaatkan untuk menganalisa pembuatan keputusan.


4. EIS (Executive Information System)

EIS atau lebih akrab dikenal dengan Sistem informasi eksekutif ini adalah sistem yang digunakan oleh pihak eksekutif tertentu untuk memantau kinerja bisnis menjadi lebih cepat dan akurat.





You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *