Uncategorized

8 Tips Menabung Uang Receh Agar Hasilnya Maksimal




Dediblog.id – Tips menabung uang receh ini saya buat berdasarkan riset dan juga pengalaman pribadi saat masih kuliah, saat masih kuliah saya sering menabung uang receh kedalam kotak celengan atau toples (lebih tepatnya mengumpulkan receh hingga terkumpul dalam jumlah yang cukup lumayan banyak).


Tips menabung uang receh ini bisa dijadikan referensi bagi yang sulit untuk menabung dalam jumlah uang yang besar (puluhan ribu rupiah).


Tips menabung uang receh ini mungkin terdengar klise bagi yang sudah punya tabungan jutaan rupiah di bank atau ditempat menabung lainnya.


Saya pernah menabung uang receh yang terkumpul hampir 300 ribu rupiah kemudian saya ke bank buat masukin ke rekening (setelah dipisahin tiap koin), lumayan juga kalau udah masuk ke rekening buat nambahin uang jajan hasil dari menabung receh yang tiap hari dijalankan dan tidak memaksa buat nabung karena uangnya receh.


Apa aja sih tips menabung uang receh biar bisa konsisten dan terkumpul dalam jumlah yang banyak, simak tips berikut :


1. Siapkan tempat (kotak celengan)

Tips menabung uang receh yang pertama adalah dengan menyiapkan tempat untuk menabung, yaitu kotak celengan, bisa berupa toples, atau kotak celengan yang dibeli ditoko dengan pengaman gembok supaya lebih aman dari tangan kita yang selalu pengen ngambil uang yang sudah terkumpul walau sedikit.


8 Tips Menabung Uang Receh
8 Tips Menabung Uang Receh
 
8 Tips Menabung Uang Receh
  




Contoh tempat untuk menabung uang receh diatas dapat dijadikan referensi juga, 


Untuk membeli kotak celengan diatas bisa dibeli di toko online, karena dijual dengan banyak varian jenis dan model, saran saya jika kita sudah terlatih untuk tidak mengambil uang tabungan ya pilih yang model gembok ada kuncinya (supaya lebih hemat tidak beli beli lagi).


Tetapi jika kita masih sering tergoda untuk mengambil uang yang udah dimasukin ke celengan ya wajib untuk menggunakan jenis celengan yang tidak ada gemboknya, alias harus dibuka paksa seperti gambar celengan diatas gambar yang ketiga (paling kanan).

2. Kumpulkan setiap ada kembalian belanja uang receh

Tips menabung uang receh yang kedua adalah dengan mengumpulkan setiap ada kembalian belanja uang receh, maksudnya jika sedang berada diluar rumah atau diperjalanan kemudian ada kembalian uang receh sisa belanja ya harus di simpan, setelah sampai rumah baru dimasukkan kedalam kotak celengan yang disediakan.


Coba deh tips menabung uang receh yang kedua ini dimulai dari sekarang, misalkan belanja di indomart atau alfamart kan pasti ada kembalian receh tuh, nah setiap ada kembalian receh itulah saatnya kita untuk memasukkan kedalam celengan yang disediakan, jadi bukan kita menukarkan uang kertas menjadi uang koin, tetapi lebih baik dari hasil sisa uang belanja, sedikit demi sedikit, karena cara ini pasti tidak membuat kita terbebani.

3. Masukkan ke kotak dan lupakan

Tips menabung uang receh yang ketiga adalah setelah memasukkan uang receh (hanya koin) kedalam kotak celengan maka harus segera melupakan, atau kalau misalkan hari itu punya beberapa uang koin recehan nggak usah dihitung jumlahnya, langsung dimasukin aja ke kotak celengan yang udah disediain.


Kenapa harus dilupakan ?

Ya simpel sih, ketika kita mengingat jumlahnya dari hari ke hari, dan kita hampir mengetahui jumlah totalnya ya kita nggak akan semangat untuk memasukkan uang receh lagi kedalam kotak tersebut, silahkan dicoba pasti ada benarnya apa yang saya alami tersebut.

4. Buka celengan ketika uang receh sudah penuh

Tips menabung uang receh yang keempat ini hanya ketika celengan yang disediakan sudah penuh loh, jadi ketika belum penuh ya sabar aja ditunggu hingga penuh, biar hasil yang didapatkan lebih maksimal dan lebih banyak.


Semakin lama menabung maka akan semakin baik, karena itu tandanya kita sudah terbiasa menabung dan tidak ada rasa tergesa-gesa untuk membuka celengan tersebut.




Banyak dari kita (terutama saya) yang tidak sabaran untuk segera membuka kotak celengan, atau hanya ingin segera tahu jumlah celengan yang ada, inilah yang nantinya akan membuat menabung uang receh menjadi tidak maksimal, hasilnya tidak maksimal, kitanya juga tidak maksimal dalam menabung karena sebentar-sebentar sudah dibuka.

5. Kumpulkan sesuai dengan jenis uangnya, 500an 1000 an

Nah tips menabung uang receh yang kelima ini juga penting, agar saat tabungan kita sudah penuh, kita dapat dengan mudah mengumpulkan uang receh tersebut tanpa harus memisahkan mana yang 500an, dan mana yang 1000 an.


Dan saat kita menabung ke bank dalam bentuk uang receh koin itu harus sudah disusun rapi dan di pisah sesuai jenis uangnya, tidak boleh campur aduk antara 500 rupiah dan 1000 rupiah. 


6. Masukkan kedalam kotak berwarna bening setiap 5 ribu / 10 ribu

Untuk tips menabung uang receh keenam ini sebenarnya bukan uang receh koin ya tetapi receh dalam bentuk uang kertas (bisa seribu, 2 ribu, 5 ribu hingga 10 ribu rupiah). Untuk cara menabungnya yaitu dengan cara memasukkan uang tersebut kedalam kotak toples atau tabungan yang transparan (bening) agar kelihatan apakah sudah penuh atau belum.


Bahkan ada beberapa orang yang sukses karena menabung menggunakan cara “20 ribu per hari“, dan hasilnya luar biasa banyak selama setahun. bisa dikalikan 20 ribu dikali 30 hari dalam sebulan sudah 600 ribu rupiah, dalam setahun 600 ribu dikali 12 bulan yaitu 7.200.000, tuh kan udah 7 juta lebih, luar biasa kan tips dan trik menabung 20 ribu per hari tersebut.


7. Masukkan ke rekening bank terdekat 

Tips menabung uang receh yang ketujuh ini adalah ketika uang didalam celengan (kotak tabungan) sudah penuh maka itu waktunya kita untuk menghitung jumlah yang kita dapatkan dari hasil menabung uang receh tersebut.


Setelah dihitung berapapun hasilnya maka harus dimasukkan kedalam rekening bank terdekat atau rekening bank yang biasanya buat menyimpan uang.


Kenapa harus dimasukkan ke rekening ? ya supaya kelihatan hasilnya, misalkan hasilnya 500 ribu kan lumayan buat nambah total saldo di rekening kita.


8. Tetap simpan di bank atau ambil melalui ATM

Dan tips menabung uang receh yang kedelapan ini lebih ke pilihan masing-masing ya, uang yang sudah dimasukkan kedalam rekening mau tetap disimpan atau langsung diambil melalui atm, tergantung kebutuhan, jika kebutuhan uang sudah mendesak maka bisa langsung diambil melalui atm terdekat.


Untuk tips menabung uang receh yang kedelapan ini juga bisa untuk dialihkan ke investasi dengan modal kecil, misalkan dengan memasukkan uang hasil tabungan dipegadaian untuk dibelikan emas, baik emas tunai atau menabung emas, sehingga ini seperti menabung untuk investasi dengan harapan hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal dan optimal.

Kesimpulan

Menabung memang gampang-gampang susah, gampang dijalani tetapi susah untuk dipertahankan (dalam artian konsisten), menabung itu sulit untuk konsisten, karena kita kan normal ketika melihat uang banyak berkumpul disatu tempat pasti rasanya tidak sabar untuk segera mengambil uang tersebut buat belanja, beli ini, beli itu.


konsisten adalah kunci dalam menabung, makanya ada quote “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”, konsisten itu lebih mudah ketika kita melakukan sesuatu dengan jumlah yang sedikit









Kata kunci :

  • Tips Menabung Uang Receh
  • Tips Uang Receh
  • Menabung Uang Receh
  • Tips Menabung Uang Receh Mahasiswa
  • Tips Menabung Uang Receh Pekerja
  • Tips Menabung Uang Receh Cepat
  • Uang Receh



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *