Uncategorized

5 Alasan kenapa kamar tidur kostmu harus selalu bersih

Alasan kenapa kamar tidur kostmu harus selalu bersih, Kamar tidur kost harus selalu dijaga kebersihan, terutama buat cowok yang sangat malas ketika harus membersihkan kamar kost, biasanya untuk cewek yang rajin untuk membersihkan kamar kost, tetapi walaupun begitu kita harus tetap menjaga kebersihan kamar kost demi kebaikan dimasa depan. 

Saya sendiri ngekost sudah 4 tahun lebih, jadi saya sudah paham kebiasaan orang ketika kost, dan semua kebiasaan anak kost yang bikin malas untuk dikerjakan, terutama masalah kebersihan, saya sendiri sebenarnya lebih nyaman dengan kamar kost yang bersih, tetapi saya nya yang memang malas untuk rajin bersih-bersih, alhasil nyapu bisa 3 hari sekali, pel lantai bisa 1 minggu hingga 2 minggu sekali.

Alasan kenapa kamar tidur kostmu harus selalu bersih

Berbagai pertanyaan muncul ketika orang tua menyuruh kita untuk menjaga kebersihan terutama bagian perlengkapan tidur di kost, apa saja ? sprei, selimut, kurung bantal.

Semua itu wajib hukumnya dijaga kebersihannya, dengan cara apa ? di jemur ? bisa juga. Tapi cara menjaga kebersihan yang paling baik adalah “ mencuci “.

Mengapa harus di cuci (pakaian), di pel (lantai), di lap (jendela), semua dengan menggunakan air, karena air dapat menyerap debu dan kotoran.

Alasan kenapa kamar tidur kostmu harus selalu bersih

1. Supaya kuman tidak berkembang biak

Tahukah kamu berapa banyak kuman yang ada di sprei mu tiap hari ? banyak sekali, tidak dapat di hitung karena memang tidak dapat di lihat dengan mata kepala manusia. Nah, supaya kuman di tempat tidur mu itu tidak berkembang biak maka cuci lah sprei, kurung bantal, maupun selimut mu tiap saat, minimal 2 minggu sekali lah.

2. Kamu tidak tahu kan berapa banyak keringatmu keluar saat tidur ?

Berapa liter keringatmu keluar dari tubuhmu saat kamu tidur ?
Mungkin tidak mencapai satu liter tiap malam, tapi kalau sudah berminggu-minggu ?

Entah dari air liur, ataupun dari anggota tubuh yang lain.

Maka agar perlengkapan tidurmu selalu bersih dari keringatmu, cuci lah segera !!!

3. Menjaga kesehatan

Salah satu hal yang harus kamu jaga saat ngekost adalah SEHAT.

Kalau sakit siapa yang mengobati ?

Kalau sakit adakah yang menemani ?

Karena kalau kita kost apalagi sendiri maka tidak ada yang bisa di andalkan kecuali diri kita sendiri.

Apa yang menyebabkan kita sakit ? virus ? kuman ? nah, kuman salah satu nya berasal dari tempat tidur kita, tempat kita mengarungi samudera mimpi yang indah, untuk menjaga kesehatan dengan cara selalu jaga kebersihan tempat tidur mu.

4. Tidur mu akan lebih nyaman saat kamar tidur bersih

Tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan, dengan tidur kita bisa mengistirahatkan segala gerak-gerik tubuh kecuali jantung, karena jantung tidak akan pernah berhenti bergerak. Dengan tempat tidur yang bersih tentunya akan menambah kualitas tidurmu menjadi lebih baik, dan lebih nyaman.

Tidur dengan tempat yang bersih dan rapi akan membuat kita jadi semakin nyaman dan lelap saat tidur, kenapa karena hati dan fikiran jadi fresh karena gangguan dirumah (bakteri, debu) sudah hilang.

5. Buktikan bahwa kamu bukanlah tipe anak kost pemalas.

Salah satu tipe anak kost yang pemalas adalah tidak pernah mencuci, minimal pakaian nya sendiri pun tidak ia cuci, paling mepet-mepet ya pergi ke loundry.

Saya sarankan bagi kamu yang ingin ngekost, jangan pernah pergi ke loundry ! kenapa ? biar kamu total dalam kemandirian dan kedisiplinan, mandi udah sendiri, makan sendiri, tidur sendiri, trus belom bisa nyuci sendiri ?

Sebenarnnya ada kalanya harus laundry, misal lagi musim hujan, nggak ada panas sedangkan pakaian harus dicuci dan harus kering besok harinya, jadi ya mau nggak mau harus dilaundry karena ada mesin buat pengering pakaian.

Kesimpulan

Bahwa untuk mencegah tumbuh dan berkembang biaknya bakteri, kuman, maka harus dicegah dengan selalu mencuci pakaian, sprei, dan yang berbahan kain lainnya. 

Lantai harus dibersihkan setiap hari, 2 hari sekali di pel, dan setiap hari harus disapu agak debu tidak menumpuk.

Untuk jendela, terutama jendela kaca, cara membersihkannya adalah dengan dilap dengan kain yang sudah dibasahi dengan air, agar jendela bersih dan debu yang menempel dapat terserap oleh kain yang digunakan untuk membersihkannya tadi.

One Reply to 5 Alasan kenapa kamar tidur kostmu harus selalu bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!