Uncategorized

Pengalaman Kuliah di Jurusan Sistem Informasi (S1)

Pengalaman Kuliah di Jurusan Sistem Informasi – Pengalaman kuliah di jurusan Sistem Informasi, apakah kalian ingin kuliah di jurusan kuliah sistem informasi ? tentu iya, karena kalian ingin tau apa aja sih yang akan didapatkan selama kuliah di sistem informasi.

Saya akan berbagi sedikit informasi mengenai jurusan kuliah ini, karena saya juga saat kuliah mengambil jurusan sistem informasi, apa yang saya dapatkan selama mengambil jurusan sistem informasi ini, semoga bisa dijadikan referensi dalam memilih jurusan kuliah.
Seperti yang kita tahu sendiri bahwa memilih jurusan kuliah bukanlah suatu urusan yang mudah, terlebih kita dihadapkan dengan prospek kerja yang menggiurkan di masing-masing jurusan kuliah, ya walaupun susah juga untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian walau sudah mengambil jurusan kuliah prasyaratnya.

Pengalaman Kuliah di Jurusan Sistem Informasi

1. Mengenai Mata Kuliah

Berbicara mengenai mata kuliah di jurusan sistem informasi, sebenarnya sangat berbeda dengan teknik informatika, walau berada disatu rumpun yakni ilmu komputer.

Untuk mata kuliah pada awal-awal semester, lebih tepatnya semester 1-4 itu secara umum adalah berisi mata kuliah pengenalan seputar dunia pemrograman, ruang lingkup sistem informasi, matematika dasar hingga aljabar – matematika diskrit, bahasa inggris, bahasa indonesia, pancasila, agama, algoritma.

Jadi saat semester 1 hingga semester 4 itu masih dalam tahap pengenalan, agar mahasiswa mengerti dan paham tentang jurusan yang mereka ambil, sayapun demikian dulu saya yang berasal dari MAN (madrasah) jelas bukan dari IT bahkan saya sendiri awan dengan dunia IT sebelum mengambil jurusan sistem informasi.

Nah, saat sudah memasuki semester 5 hingga semester 7 itu masa-masa biasanya tugas paling banyak, sudah mulai fokus di bahasa pemrograman atau dibagian analisis sistem informasi, basis data, kewirausahaan, CRM (Customer Relationship Management), Bisnis Intelligent, Knowledge Management, dan semua yang bersangkutan dengan sistem informasi secara lengkap akan dibahas di semester ini.

2. Mengenai Minat dan Bakat

Minat dan bakat (konsentrasi) untuk dijurusan sistem informasi di kampus saya ada 3 yaitu : 

Pemrograman Web, 
Multimedia 
Database

Jadi saya waktu itu mengambil konsentrasi Pemrograman Web, mata kuliahnya itu adalah : 

Data Mining, 
Data Warehouse, 
Knowledge Management, 
Bisnis Intelligent, 
Customer Relationship management.

Banyak pelajaran dan ilmu yang bisa digali saat semester 7, selain beban tugas kuliah sudah berkurang, masa semester 7 juga bisa menjadi ajang untuk kita mulai fokus dimana terutama untuk dipraktekkan di skripsi nantinya.

3. Keunggulan dari jurusan sistem informasi daripada teknik informatika.

Jadi untuk keunggulannya itu terdapat pada bagian manajemennya, jadi ibaratnya rumah sakit, sistem informasi itu dia yang punya rumah sakit, sedangkan teknik informatikan itu dia yang bekerja di rumah sakit itu.

Jadi lebih kepada manajemen pengelolaan bisnis yang dikemas menjadi teknologi yang dapat bersambung dengan usaha (bisnis).

bagi kalian yang senang dengan wirausaha atau bisnis dan ingin bisnis kamu itu dikemas dengan teknologi yang mumpuni maka kamu harus masuk di jurusan sistem informasi ini.

Baca juga : Peluang Usaha Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah

4. Prospek lulusan kerja sistem informasi

Nah, untuk prospekmya sendiri itu sebenarnya sangat luas dan banyak industrinya. 

Lulusan sistem informasi bisa menjadi pengusaha (mendirikan startup), programmer (coder), analisis sistem, analisis data, manajemen, dan masih banyak selama itu berhubungan dengan teknologi informasi dan manajemen perusahaan (bisnis).

Sekian pengalaman saya selama kuliah dijurusan sistem informasi, bagi kalian yang punya pengalaman dijurusan ini silahkan komentar dibawah.

Update berikutnya akan menyusul, sekian.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!