Uncategorized

6 Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi


6 Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi
yukbelajar

Pada postingan hari ini saya akan membagikan mengenai gimana sih cara mengatasi grogi atau kurang percaya diri saat presentasi di kelas atau di kantor kalian bekerja, tapi karena saya masih kuliah jadi saya membagikan pengalaman selama saya diperkuliahan ya.

1.   Persiapan
Yang pertama adalah persiapan, saya ibaratkan persiapan ini seperti halnya latihan pada seorang atlet, semakin lama & semakin keras ia latihan maka akan memberikan peluang dirinya untuk semakin berhasil menang dalam kompetisi, seorang atlet bukan apa-apa tanpa adanya latihan.

Jadi kalian yang ingin lancar dan sukses presentasi ya kuncinya latihan, persiapan yang lebih baik, lebih keras, latihan lebih giat akan menentukan tingkat kesuksesanmu dalam membawakan materi presentasi.

2.   Berpikir positif
Untuk yang kedua adalah berpikir positif (positive Thinking). Selalu berpikir positif dan selalu tenang bahkan sebelum presentasi dimulai. dan posisikan dirimu sebagai teman bagi pendengar (audience) bukan sebagai seorang yang ahli.

Berfikirlah positif saat menatap wajah-wajah pendengar saat sedang presentasi, berpikir bahwa mereka mendengarkan dan memperhatikanmu dengan serius dan seksama.

3.   Atur nafas
Pada umumnya
saat grogi detak jantung akan berdetak lebih cepat dan perasaan menjadi tidak
menentu. Saat seperti ini dirasakan, cobalah untuk untuk mengatur nafas. 

Penerapannya seperti ini : Saat perasaan tidak menentu, cobalah untuk mengatur
nafas. Tarik nafas dari hidung pelan dan sampai maksimal. Kemudian keluarkan
lagi pelan lewat hidung juga. Ini bisa dilakukan saat posisi masih duduk.
Kemudian saat nama Anda dipanggil untuk maju atau saat presentasi tiba, berikan
senyum. Kemudian sambil berjalan ke depan, juga bisa sambil mengatur nafas
caranya sama.

Selanjutnya
setelah berada di depan audience jangan langsung terus 
bicara. Pastikan dulu
kalau sudah berdiri di tempat yang tepat dan Anda sudah siap bicara. Jika itu
sudah anda lakukan selanjutnya sampaikan salam. Saat audiens menjawab salam,
presenter juga bisa mengatur kembali nafas dan cara sama dengan cara yang
sebelumnya.

4.   Fokus
Keempat adalah Fokus (Focus One Think). Dalam
membawakan presentasi, fokus utama adalah menyampaikan gagasan, ide, informasi
atau pendapat presenter kepada audiens.

Sebagai
contoh misalnya saat awal-awal presentasi. Saat kamu menyaksikan beberapa
audiens yang mungkin belum respek, masih sibuk dengan smarphone mereka, atau
masih ngobrol dengan teman sebelahnya. 
Jika melihat
kondisi itu, cuekin saja dulu. Jangan dipikirkan, jangan memiliki anggapan yang
bukan-bukan, fokus saja dengan apa yang akan disampaikan.

5.   Salurkan melalui gerakan
     Kelima adalah Dengan melalui gerakan. Ketika
sudah berdiri di depan audiens hindari berdiri dengan tegang. Karena ini akan
membuat semakin grogi, caranya dengan menggunakan bahasa tubuh yaitu
menyalurkan grogi melalui gerakan. Seperti menggunakan tangan atau berpindah
tempat.

6 Minum air putih (mineral)
    Minum air putih akan membuat dirimu menjadi sedikit lebih rileks dan santai, sehingga jika kamu terlalu gugup cobalah untuk sedikit meneguk air putih, pasti akan berbeda rasanya.

Semoga dengan tips tersebut dapat membuat kalian menjadi lebih percaya diri (tapi jangan over confidence) dalam membawakan presentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *